Jumat, 14 Januari 2011

Nikmati Ketenangan di Ameland Island


Ameland merupakan pulau kecil di Kepulauan Frisia yang terletak di lepas pantai utara Belanda daratan. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata di negeri Belanda, khususnya wisata yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan.

Pulau yang sebagian besar terdiri dari gumung pasir ini mempunyai daratan seluas kurang lebih 60 kilometer persegi. Menurut sejarah, dulunya Ameland merupakan tempat pelaut dan nelayan berlindung dari serangan badai. Mereka kemudian menetap di sana. Pada abad ke–18, menangkap ikan paus merupakan sumber pendapatan utama penduduk di sana.

Saat ini, penduduknya yang hanya berjumlah sekitar 3.500 jiwa terkonsentrasi di empat wilayah yaitu Ballum, Buren, Hollum, dan Nes.

Hollum merupakan wilayah tertua dengan jumlah penduduk terbanyak, disusul Nes, pelabuhan feri berada. Nes merupakan wilayah yang paling ramai karena menjadi pusat bisnis dan sering dikunjungi turis untuk mendapatkan beragam suvenir.

Ballum, wilayah pelabuhan udara Ameland, dan Buren wilayah keempat yang terletak paling timur dan awalnya merupakan wilayah petani.

Ameland adalah pulau yang telah terbiasa hidup dari dan dengan laut. Pemerintah Belanda memperuntukkan pulau ini sebagai salah satu percontohan pengelolaan lingkungan yang didasarkan pada semboyan kembali ke alam, sesuai dengan proses alamiah yang berlangsung.

Pada bagian pesisir Pulau Ameland dikelilingi beberapa proses alamiah yang terpengaruh aktivitas laut yang mengitarinya.

Pulau Ameland merupakan salah satu tujuan wisata di negeri Belanda, khususnya wisata yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan. Ekosistem wilayah pulau kecil yang menjadi tujuan utama mulai dari proses yang berlangsung, dengan endapan yang bervariasi mulai dari yang berukuran halus hingga kasar (pasir) serta flora dan fauna yang hidup pada ekosistem tersebut.

Di beberapa bagian pulau juga dijumpai tempat untuk berkemah, khususnya pada musim panas. Tempat–tempat untuk wisata ini dijumpai hampir di seluruh Ameland. Demikian juga sarana dan prasarana untuk mendukung wisata itu juga sudah tersedia dan tersebar pada daerah perkampungan yang ada.

Ameland menawarkan kedamaian dan ketenangan. Liburan di sini sungguh jauh dari hingar–bingar. Sangat jarang kendaraan bermotor berseliweran di jalan raya, meskipun tidak ada larangan bagi turis menggunakannya.

Jumlah mobil dapat dihitung dengan jari, bahkan pada saat–saat puncak. Sepeda menjadi alat transportasi favorit yang siap digunakan untuk menjelajah seantero pulau hanya dalam satu hari.

Berada di pantainya kita akan menikmati konser alam. Mendengarkan suara angin laut yang berembus, dipadu jeritan burung–burung laut. Di kejauhan tampak sekawanan anjing laut bermain di daratan pantai Laut Utara. Lingkungan yang menyenangkan serta penduduknya yang ramah menambah kenyamanan berlibur. [inilah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar