Senin, 31 Januari 2011

Berenang di Air Dingin Lebih Cepat Bakar Kalori


Berenang di dalam air yang dingin tentu lebih sulit dilakukan. Tapi jika ingin banyak membakar kalori berenang di air adalah cara yang efektif karena tubuh dipaksa bekerja keras untuk menormalkan udara dingin.

Berenang merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang sangat baik. Renang dapat memperkuat otot jantung dan meningkatkan pengiriman oksigen ke bagian tubuh yang berbeda.

Seseorang yang senang berolahraga renang juga akan mengalami peningkatan kekuatan dan fleksibilitas, stamina otot dan keseimbangan, fisik dan postur tubuh yang lebih baik, serta bisa berfungsi sebagai obat yang efektif dan cepat dalam hal penyembuhan otot.

Kenapa berenang di air dingin lebih cepat bakar kalori?

Pada saat suhu udara di lingkungan sekitar lebih dingin ketimbang suhu tubuh, maka tubuh akan bekerja keras untuk menormalkannya.

Untuk menormalkan perubahan suhu tersebut, dibutuhkan bahan bakar atau energi yang besar. Karena itu, jika berada di daerah yang dingin tubuh akan lebih cepat membakar kalori dan energi, sehingga lebih cepat menurunkan berat badan.

Reaksi menggigil saat berada di dalam kolam renang yang dingin juga dapat mempercepat sistem metabolisme tubuh. Semakin tinggi metabolisme, maka makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

Namun seperti dilansir Livestrong, Senin (31/1/2011) yang harus diperhatikan jangan berenang di dalam air yang sangat dingin seperti es, karena berenang di dalam air yang terlalu dingin berisiko menyebabkan hipotermia (menurunkan suhu tubuh secara drastis).

Orang yang mengalami hipotermia biasanya mengalami gejala lemah denyut nadi, pernapasan dangkal, mengantuk atau energi sangat rendah, kebingungan atau kesulitan berpikir dan berbicara cadel atau bergumam.|DETIK|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar