Kamis, 27 Januari 2011

Pesona Keindahan PULAU SOCOTRA YAMAN




Duaratus limapuluh mil dari lepas pantai Yaman, terdapat Pulau Socotra. Kita dapat menemukan Pulau Socotra pada koordinat 12°28’19.37″N 53°25’2.38″E. Pulau Socotra merupakan anggota terbesar dari empat pulau elipsis dari Tanduk Afrika sampai ke Teluk Eden. Pulau ini campuran dari massifs granit kuno, tebing batu kapur dan batu pasir merah dataran tinggi dan memiliki iklim koppen yang berarti padang pasir kering dengan suhu tahunan rata-rata di atas 18° C dan curah hujan tahunan yang ringan.

Isolasi geologis yang panjang di Pulau Socotra membuat endemik flora dan fauna menjadi unik dan spektakuler. Survei telah membuktikan bahwa lebih dari sepertiga dari 800 spesies tanaman yang ada di Pulau Socotra tidak dijumpai di daerah lain. Hal ini menegaskan pulau ini adalah situs penting global untuk konservasi keanekaragaman hayati.
Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pulau Socotra adalah Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari), merupakan pohon aneh yang berbentuk menyerupai payung. Pohon ini memiliki getah merah seperti darah naga. Penduduk disini memanfaatkan getah darah naga sebagai obat. Selain itu digunakan sebagai cat dan pernis. Flora endemik lainnya yaitu Dorstenia, Dendrosicyos (mentimun) dan Punica protopunica (delima).

Pulau Socotra juga memiliki fauna Aves endemik diantaranya Socotra Starling Onychognathus frater, Socotra Sunbird Nectarinia balfouri, Socotra Sparrow Passer insularis, dan Grosbek Socotra Rhynchostruthus socotranus. Kelelawar menjadi hewan mamalia endemik di gua-gua Pulau Socotra, demikian halnya dengan terumbu karang yang ada d sekitar pulau.

Melihat kenaekaragaman hayati dan nabati yang begitu unik dari pulau ini, UNESCO mengakui Pulau Socotra sebagai situs warisan alam dunia pada bulan juli 2008. Oleh sebab itu berbagai peraturanpun dibuat dari mulai batasan pembangunan rumah, pembangunan hotel untuk wisata, pembangunan saluran pembuangan, flora fauna impor, sampai kepada batasan pertumbuhan jumlah penduduk. Hal tersebut semata-mata untuk melindungi Pulau Unik tersebut dari kemungkinan-kemungkinan kerusakan yang diciptakan oleh manusia.

Socotra Yaman adalah sebuah kepulauan kecil terdiri dari empat pulau dan pulau di Samudera Hindia di lepas pantai Tanduk Afrika, sekitar 350 kilometer selatan semenanjung Arab. Socotra adalah salah satu bentang alam yang paling terpencil di bumi asal benua. Kepulauan ini memiliki dataran pantai sempit ini, sebuah dataran tinggi batu kapur dengan gua, dan gunung-gunung yang meningkat menjadi 1.525 meter di atas permukaan laut.



Seperti Kepulauan Galapagos, pulau ini dipenuhi dengan 700 spesies yang sangat langka flora dan fauna,penuh 1/3 dari yang endemik, yaitu ditemukan di tempat lain di Bumi.

Socotra Island is The Most Bizzare Place on Earth

Socotra adalah rumah bagi lebih dari 800 spesies tumbuhan, beberapa 240 dari yang endemik pulau, dan ada jenis tumbuhan tentu banyak lagi yang belum ditemukan. Iklim yang keras, panas dan kering, namun – tanaman hidup yang paling menakjubkan tumbuh subur di sana.

A Dragon’s Blood Tree (Dracaena cinnabari) dilihat di depan pegunungan Skund di pulau Socotra, Yaman. Pohon itu dinamakan demikian karena setiap cedera pada hasil kulit dalam mengeluarkan cairan yang dalam merah dari bekas luka – dibandingkan di masa lalu dengan “Darah Naga”.


Cabang-cabang pohon menyebar ke langit dan dari bawah tampak hover atas pemandangan seperti piring terbang begitu banyak … dan dari atas mereka melihat jamur yang berbeda.

Berikut Video Keindahan PULAU SOCOTRA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar