Rabu, 26 Januari 2011

Tips Untuk Menghindari Penyakit Kanker


Kanker adalah penyakit dari sel. Penyakit ini timbul dari sel-sel pada suatu bagian tubuh. Pada tahun 2000, lebih dari 10 juta kasus baru kanker terdiagnosa dan 6 juta manusia meninggal dunia akibat kanker di seluruh dunia. Untuk menghindari risiko terkena kanker, ada sepuluh tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari diri Anda dari bahaya kanker.

1. Berhenti Merokok

Merokok adalah faktor penyebab risiko kanker terbesar seklaigus sebagai peyebab utama kanker paru-paru dan hampir 30% penyebab kanker lainnya. Merokok pada saat hamil sangat berbahaya bagi bayi yang dikandung.

2. Hindari Kontak dengan Sinar Matahari

Kontak dengan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kuliat, dan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk mengantisipasi sengatan sinar Ultraviolet (UV) A dan B, gunakan krim tabir surya ketika akan bepergian. Gunakan baju lengan panjang, topi atau payung apabila cuaca sangat terik.

3. Kurangi Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung banyak menyebabkan peningkatan berat badan dan kegemukan yang berhubungan dengan kanker di kandungan, payudara, kandungan empedu dan kolon (usus besar). Kurangi makanan Anda yang mengandung banyak lemak dan kontrol berat badan Anda serta olahraga untuk mengurangi risiko terkena kanker.

4. Perbanyak Makanan Berserat

Gandum, beras, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan melindungi Anda dari kanker kolorektal. Jagung, ayam, apel, peer, tomat dan bayam pun merupakan makanan yang mengandung serat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

5. Kurangi Konsumsi Makanan yang Diasap, Dibakar dan Diawetkan dengan Nitrit.

Kanker esofagus dan lambung lebih sering dijumpai di negara yang penduduknya banyak mengonsumsi makanan yang diproses dengan penguapan maupun diawetkan dengan nitrit. Dalam makanan yang dibakar diketahui kandungan zat yang meningkatkan risiko kanker lebih tinggi.

6. Pilih Makanan yang Mengandung Vitamin A dan C

Vitamin dan zat alami penting lainnya terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan yang dapat melindungi kita dari berbagai jeni kanker. Buah-buahan seperti jeruk, pisang mangga, pepaya, tomat, wortel dan brokoli pun merupakan sumber dari vitamin dan zat penting tersebut.

7. Konsumsi lebih banyak sayuran kubis

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran yang termasuk dalam golongan kubis, seperti kol, brokoli, bunga kol, bok choy dan kale dapat melindungi diri kita dari kanker lambung, kolorectal dan kanker saluran napas.

8. Hindari minuman berakohol

Kurangi kebiasaan Anda meminum minuman berakohol, karena dapat meningkatkan risiko kanker hati dan lambung. Kebiasaan merokok dan minum minuman berakohol hanya akan meningkatkan risiko besar terjadinya kanker mulut, tenggorokan, laring dan oesofagus.

9. Periksakan diri secara teratur

Pemeriksaan kesehatan secara teratur adalah langkah awal yang baik untuk dapat mengetahui adanya penyakit sedini mungkin. Selain itu, Anda juga harus rutin memperhatikan perubahan pada tubuh Anda, misalnya adanya benjolan di payudara Anda, suara yang menjadi serak, pendarahan yang tidak normal, dan sebagainya. Apabila Anda menemui perubahan dalam diri Anda, segera temui dokter Anda.

10. Jalani pola hidup seimbang

Makan teratur dengan gizi cukup dan seimbang, olah raga secara teratur, menghindari rokok dan minuman berakohol, cukup istirahat, rekreasi dan selalu mendekatkan diri pada Tuhan adalah cara terbaik mengurangi risiko terkena kanker.[sumber]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar