Kamis, 13 Januari 2011

Kiat Hindari Kebotakan


Para pria boleh merasa sedikit tenang karena para ilmuwan berhasil mengungkap sebab-sebab kebotakan pada penelitian beberapa waktu lalu. Namun untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat ada langkah-langkah yang harus dilakukan, seperti:

Jangan menyikat atau menyisir rambut terlalu keras

Hal ini dilarang karena bisa menarik kulit kepala hingga rambut keluar dari akarnya. Menyisir rambut terlalu keras juga merusak folikel rambut. "Jangan pernah kasar pada rambut, keramas dan bersisirlah dengan lembut" jelas ahli bedah restorasi rambut dari Manchester, Dr Bessam Farjo.

Sarapan Protein

Rambut harus memiliki keratin agar mendapat kekuatan. "Makan sedikit protein membuat keratin tak terproduksi secara baik. Ini akan membuat rambut kehilangan kekuatan dan berhenti tumbuh." jelas salah satu konsultan trichologist terkemuka, Philip Kingsley. Sarapan menurut Kingsley juga sangat penting untuk meningkatkan folikel rambut Anda.

Hindari menggunakan produk berbahan dasar Petroleum

Ada beberapa bukti ilmiah yang menyebutkan pertoleum dapat mengganggu folikel rambut hingga rambut sulit tumbuh. Bahan ini biasa terdapat dalam beberapa produk penataan rambut. "Bila terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama apalagi. Rambut bisa berhenti tumbuh dan rontok. Untuk itu pilih produk berbahan dasar air" terang salah satu penata rambut terkenal
Jimmy Campbell.

Hindari Stres


Sebab stres membuat pria memproduksi hormon testosteron dan dihidrotestosteron lebih tinggi dari keadaan normal. Hormon-hormon inilah yang membuat pertumbuhan rambut lebih sedikit.

Hormon tersebut meresap ke batang rambut dan menyebabkan rambut jadi lebih tipis, belum lagi anak-anak rambut pun akan berhenti tumbuh.

Tingkatkan Zat Besi

Kurangnya zat besi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Jika Anda tidak memiliki cukup asupan zat besi siklus pertumbuhan rambut normal akan terganggu. Untuk itu makan makanan kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan kering, akan membantu mengurangi kelebihan ini rambut shedding.

Jangan sering mewarnai rambut Anda

Sering menjalani pewarnaan rambut telah banyak dikethaui dapat menyebabkan rambut rontok. Sebab produk bleaching yang biasanya digunakan dalam proses itu membuat rambut kehilangan kelembaban alami hingga kering, rapuh dan pecah-pecah" kata salah satu ahli Dr Farjo.

Stop merokok


Penelitian terbaru dari jurnal Archives of Dermatology menunjukkan bahwa rokok juga dapat membuat rambut rontok. Zat dalam rokok membuat suplai darah ke folikel rambut terhambat. Radikal bebas yang dihasilkan dari asap rokok juga membuatnya mudah rontok. (sehatnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar