Jumat, 07 Januari 2011

3 Pemain Naturalisasi Siap Main di PPD 2014


Para pemain naturalisasi tampaknya akan datang pada saat yang tepat. Saat tim nasional Indonesia akan menjalani laga penting. Setelah Piala AFF 2010, untuk sementara tim nasional Indonesia senior istirahat. Event berikut timnas senior yakni Pra Piala Dunia (PPD) 2014.

Fokus Badan Tim Nasional (BTN) PSSI kini adalah menyiapkan timnas U-23 untuk Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011. Untuk dua event ini, BTN awalnya memanggil 84 pemain untuk masuk dalam tiga tahap seleksi.
Sergio van Dijk
Jumlah ini menjadi 92 pemain ditambah anggota tim SAD di Uruguay, Syamsir Alam dan pemain yang menjalani tes di klub Inggris, Artur Irawan. Juga ditambah lima pemain berdarah Indonesia, Syaffarizal Mursalin Agri, Stefano Lilipaly, Marc van der Maarel, James Zaidan Saragih dan Oliver Rifai. Satu pemain asing asal Prancis, Andrea Bitar juga ikut seleksi.

Pemain berdarah asing akan dinaturalisasi jika memiliki kemampuan bagus. Mereka akan menyusul Kim Jeffrey Kurniawan.

Meski begitu, agenda naturalisasi timnas senior tak boleh dilupakan. Karena juga ada tiga pemain naturalisasi yang segera mendapatkan paspor Indonesia.

"Tiga pemain naturalisasi segera mendapatkan paspor Indonesia dalam 2-3 bulan ke depan," kata Iman Arif, Deputi Bidang Teknis BTN kepada VIVAnews.

Menurut Iman, tiga pemain keturunan Belanda akan segera menjadi WNI. Sergio van Dijk (28 tahun) diprediksi akan memperoleh paspor Indonesia paling lambat Februari 2011. Demikian pula Raphael Guillermo Eduardo Maitimo (27 tahun).

Satu lagi calon pemain naturalisasi ini yakni Jhon van Beukering (27 tahun). Jhon akan berstatus WNI paling lambat April 2011.

Mereka menyusul Cristian Gonzales (34 tahun) yang mendapatkan paspor Indonesia sejak November 2010. Dan Kim Jeffrey pada Desember 2010.

"Proses pengajuan naturalisasi sampai disetujui biasanya memakan waktu 5 bulan. Masih ada waktu bagi mereka untuk bisa masuk timnas ke Pra Piala Dunia. Mereka akan bisa dimainkan tepat pada waktunya," lanjut Iman.

Menurut situs AFC, kualifikasi atau Pra Piala Dunia 2014 baru digelar setelah pertengahan 2011. Kemungkinannya Juni atau Juli 2011.(vivanews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar