Kamis, 03 Maret 2011

PESONA WISATA PANTAI BATU HIU

Pantai Batu Hiu,Sejarah Melegenda di Bali

Pantai Batu Hiu, Sejarah Melegenda

Hmm,Pangandaran bukan hanya surga dunia yang banyak dikunjungi, akan tetapi di Pangandaran juga banyak sejarah unik dan kebudayaan leluhur yang pastinya seru untuk di telusuri. Nah, kalau Anda ke Pangandaran untuk wisata jangan lupa tambahkan Pantai Batu Hiu ke dalam daftar wisata Anda. Sejarahnya yang melegenda memberi sensasi yang magis, mau tahu sejarah pantai batu hiu di Pangandaran dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan, simak yang berikut:

Batu Hiu berupa bukit karang yang tergerus oleh ombak dan membentuk seperti moncong ikan hiu. Uniknya di situ banyak tumbuh pohon yang entah apa namanya, akarnya besar spt pohon bakau dan daunnya seperti daun palem. Di pinggir tebing kita dapat memandang pemandangan lepas laut selatan dan ombak besar tepat di bawah kita. Yang suka memancing dapat juga memancing dari atas tebing. Jika sunset pasti suasananya bagus sekali di situ.

Untuk mencapai Batu Hiu bisa start dari Pangandaran, menempuh sekitar 15 km menuju arah Barat (ikuti arah Cijulang), atau ambil shortcut dari Banjar langsung menuju selatan, ke kota Parigi. Ada bus Banjar – Parigi, atau Ciamis – Parigi kalau tidak salah. Dari Parigi sudah tidak jauh lagi, sekitar 10 menit perjalanan. Jalannya mulus dan ada 2 pom bensin di sekitar Parigi.

Tempat yang acapkali diziarahi bagi mereka yang ingin menjadi sinden (penyanyi) beken atau penabuh gamelan kesohor itu berawal dari cerita rakyat Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder dan Sembah Galunggung Kuning. Sembah Galunggung Kuning diminta bantuan menangkap ikan untuk lawuh makan mereka bersama lebih dari 60 anggota pasukannya.

Namun, sebelum hasil tangkapannya dimasak, Sembah Galuh Oder menanyakan jenis ikan hasil tangkapan Sembah Galunggung Kuning. Namun, ikan dengan kulit keras tanpa sisik berwarna kehitaman itu mendadak berubah menjadi batu tatkala Sembah Galunggung Kuning menjawabnya: “Ikan Hiu”. Sejak itu masyarakat menjuluki pantai di daerah itu Pantai Batuhiu.

Ada warung-watung penjual makanan di Batu Hiu. Sekitar Batu Hiu ada juga perkampungan penduduk dan lokasi pembibitan udang dg jalan tanah menyusuri pantai yg cukup menarik ditempuh dg 4WD.. Hanya tidak tahu tembusannya kemana

Untuk penginapan bisa cari sekitar Cijulang, karena tidak jauh dari Green Canyon, atau sekalian di Pangandaran saja karena waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

Sumber:http://www.beritahiburan.com/traveling/pantai-batu-hiu-sejarah-melegenda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar