Kamis, 24 Maret 2011

Ini Bayaran Bintang Sepakbola


Gaji bintang lapangan hijau nyaris diatas Rp 100 miliar per tahun.Lionel Messi, sang petarung dari klub Barcelona, merupakan pemain termahal sekarang ini.

Survei oleh majalah France Football menyebutkan, bayaran Messi kini melampaui bayaran David Beckham, yakni mencapai 31 juta euro per tahun atau sekitar Rp 381,3 miliar. Wow!

Jika kurs satu euro sama dengan Rp 12.300, bayaran Messi tidak kurang dari Rp 381,3 miliar. Artinya, dia menerima Rp 31,775 miliar per bulan atau hampir Rp 8 miliar per minggu atau Rp 1,1 miliar per hari, atau sekitar Rp 47,2 juta per jam.

Beckham pernah digaji LA Galaxy 30,4 juta euro per tahun (Rp 373,92 miliar). Jumlah itu yang tertinggi di antara atlet sepak bola. Kini, Messi menyalipnya.

Seperti biasa, setiap tahun majalah di Perancis ini melansir daftar kekayaan pemain sepak bola. Pelatih dan manajer juga tidak luput dari survei. Majalah prestisius di Perancis itu mengeluarkan daftar terbaru, Senin (21/3/2011).

Jose Mourinho menjadi manajer dengan bayaran tertinggi. Bos Real Madrid itu dibayar 13,5 juta euro per tahun (Rp 166,05 miliar), tertinggi di antara para manajer di semua tim.

Bayaran Messi, striker yang dua kali dinobatkan menjadi pemain terbaik dunia ini, luar biasa mengagumkan. Akan tetapi, jumlah itu masih kalah jauh ketimbang penghasilan pegolf Tiger Woods yang bergaji 53 juta euro (Rp 651,9 miliar). Woods menjadi olahragawan terkaya.

Melihat performa Messi selama ini, wajar jika dia bergaji tinggi. Dia menyokong timnya meraih gelar juara Piala Eropa. Dia juga berperan besar saat timnya tiga kali juara La Liga.

Dibandingkan dengan survei majalah yang sama tahun 2010, bayaran Messi tahun ini turun. Tahun 2010, bayaran Messi mencapai 33 juta euro (Rp 405,9 miliar). Rinciannya, 10 juta euro dari gaji pokok, 4 juta euro dari bonus, dan 19 juta euro dari perusahaan sponsor termasuk Adidas, Pepsi Cola, dan Gillette.

Seperti tahun lalu, tahun ini rival terdekat Messi dalam soal bayaran adalah bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dengan 27,5 juta euro (Rp 338,25 miliar). Posisi ketiga adalah Wayne Rooney dari Manchester United dengan 20,7 juta euro (Rp 254,61 miliar) setahun.

Beckham, yang pernah menjadi pemain termahal, kini jatuh ke posisi lima dengan 19 juta euro (Rp 233,7 miliar) setahun. Veteran Liga Primer lain, Thierry Henry, terjun ke peringkat 11 dengan bayaran 13,6 juta euro (Rp 167,28 miliar) setahun. Kedua veteran Liga Primer ini kini bermain untuk klub MLS di Amerika Serikat.

Wajar jika gaji Beckham merosot ketimbang tahun 2009, seiring dengan penurunan pamor serta usia bertambah melewati 30 tahun. Beckham pernah menjadi atlet yang selama sembilan tahun kokoh bertahan dengan bayaran tinggi, bahkan hingga tertinggi.

Para pemain sepak bola di Liga Primer memang paling menarik perhatian. Sensasinya, kemasyhurannya, juga bayarannya. Dari 20 pemain di daftar majalah France Football itu, tujuh di antaranya adalah pemain di Liga Primer.

Di antara para manajer dan pelatih, Pep Guardiola (Barcelona) di urutan kedua di bawah Mourinho, dengan 10,5 juta euro (Rp 129,15 miliar). Mantan pelatih Inter Milan dan Liverpool, Raphael Benitez, digaji 10,2 juta euro (Rp 125,46 miliar), di posisi ketiga. Manajer tim Inggris, Fabio Capello, di urutan keempat dengan gaji 8,5 juta euro (104,55 miliar).

Kantor berita AFP mewartakan, pemain Real Madrid berkebangsaan Portugal, Pepe, menyetujui perpanjangan kontraknya. Menurut harian olahraga Marca, pemain bek berusia 28 tahun yang bergabung dengan Real tahun 2007 seusai hengkang dari Oporto ini menandatangani kontrak baru sebelum berakhirnya musim ini. Kontrak yang ada saat ini dengan Real berakhir pada Juni 2012.

Dengan kontrak baru itu, Pepe dibayar empat juta euro (Rp 49,2 miliar), naik dari sebelumnya 1,8 juta euro setahun. Agennya menegosiasikan angka itu agar dinaikkan menjadi enam juta euro. Wajar Pepe meraup gaji lebih besar. Dia hijrah ke Oporto dari CS Maritimo tahun 2004 setelah tiga musim membawa keberhasilan klubnya. Dia dibeli Real tahun 2007 dengan biaya transfer 30 juta euro karena penampilannya yang ciamik saat membela Portugal memenangi titel demi titel.

Gaji sebesar itu untuk apa saja? Pertanyaan bodoh yang asyik untuk dikulik. Bagi atlet yang sudah berkeluarga, porsi terbesar mungkin untuk belanja keluarga. Kalau punya kekasih, pun itu pasti menjadi prioritas. Apa lagi? Mobil? Baiklah.

Gaji besar, mobil mahal

Beckham dan Ronaldo adalah pemain yang memiliki banyak mobil mewah. Lamborghini Gallardo adalah salah satu mobil Beckham yang termewah dari yang mewah. Dia juga memiliki Porche 911 Turbo seharga 122.900 dollar AS. Lamborghini Gallardo seharga 175.000 dollar AS itu juga dimiliki Wayne Rooney.

Ronaldo memilih Bentley Continental GT, mobil cantik berkecepatan maksimum 325 km per jam. Thierry Henry menyukai Aston Martin Vanquish seharga 234.260 dollar AS, selain Mercedes McLaren SLR dan Porsche Carrera GT.

Saat berjaya, banyak atlet menikmati gelimang uang. Alangkah bijak jika mereka mampu menginvestasikannya demi masa depan. Selamat, Messi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar