Kamis, 06 Januari 2011

Profil Stefano Lilipaly, Calon Barisan Serang Timnas


Badan Tim Nasional (BTN) PSSI telah memanggil 90 pemain untuk mengikuti seleksi Timnas U-23 yang diproyeksikan ke Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011. Empat di antaranya diisi oleh 'pemain asing.'

Dengan demikian, tim nasional Indonesia akan semakin berwarna dengan tambahan beberapa pemain naturalisasi lagi. Syaratnya, mereka harus lolos seleksi timnas U-23.

Stefano Lilipaly salah satu pemain asing yang akan mewarnai sepakbola Merah Putih setelah Irfan Bachdim, Gonzales dan Kim Kurniawan. Stefano yang merupakan pemain klub Belanda, Utrech FC segera mengikuti seleksi pemain naturalisasi timnas Indonesia.

Impian Stefano untuk mendatangi tanah nenek moyangnya itu diharapkan bisa tercapai. Pemain berdarah Ambon ini, terpanggil mengikuti seleksi pemain muda naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 mendatang.

Pesepakbola berusia 20 tahun itu, demikian dikutip Goal, dikenal sebagai pemain berbakat yang mulai belajar menggiring sepakbola sejak usia 7 tahun. Saat itu dia bergabung di klub sepakbola DCG (klub amatir di Belanda).

Seperti halnya Irfan Bachdim, Lilipaly juga jebolan sekolah bola di Belanda. Klub junior AZ Alkmaar pernah disinggahinya pada usia 10 tahun.

Lalu, menginjak usia 11 tahun, Lilipaly masuk klub junior Utrecht FC. Di klub tersebutlah, ia mulai menekuni bakatnya untuk menjadi pemain sepakbola.

Setelah matang dan menunjukkan ketajamannya di Utrecht FC itu, timnas Belanda tertarik dan mengajak bergabung di U-15 dan U-18. Tapi saat ini, Lilipaly harus mengikuti seleksi timnas.

Stefano Lilipaly berposisi sebagai gelandang serang, dengan postur tubuh hanya 170 cm, tetap ia dikenal memiliki tendangan jarak jauh yang keras dan akurat.

Dikutip dari berbagai sumber, Stefano Lilipaly yang sangat mengidolakan Andreas Iniesta mengaku siap datang ke Indonesia untuk mengikuti seleksi awal, untuk memperkuat timnas U23 di ajang SEA Games 2011.

Berikut profil singkatnya:

Nama lengkap : Stefano Lilipaly
Tempat / tanggal lahir : Arnhem, Belanda / 10 Januari 1990
Tinggi / berat : 170 cm / 60 kg
Orangtua : Ron Lilipaly (ayah) / Adriana Lilipaly (ibu)
Saudara : Shemaine Lilipaly (kakak), Sobay Lilipaly, Nino Lilipaly (adik)

Karir:
Posisi : Gelandang serang

Klub
2000-2001: AZ Alkmaar Junior
2001-sekarang: FC Utrecht

Timnas
Belanda U-15, U-16, U-17, U-18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar