Jumat, 07 Januari 2011

Ilmuwan AS Temukan Penyebab Kebotakan


TIM ilmuwan Amerika Serikat mengatakan mereka telah berhasil menemukan penyebab dari kebotakan yang diderita sejumlah pria. Temuan sel punca yang cacat bisa mengarah pengobatan kebotakan.

Para peneliti dari Universitas Pennsylvania menuding cacat sel punca memproduksi rambut yang amat kecil sehingga hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Jadi sebenarnya kebotakan itu terjadi bukan karena tidak ada rambut sama sekali, tapi kantung rambutnya yang mengecil.

Mereka berharap temuannya itu bisa mengarah pada kebotakan pria, seperti dilaporkan wartawan BBC, Mark Lobel. "Yang kami temukan mengejutkan karena kenyataannya sel punca melekat di tengkorak yang botak. Jadi kami mempelajari lebih lanjut dan menyadari bahwa ada sel punca namun tidak melakukan tugasnya," kata Dr George Cotsarelis, ahli kulit dari Universitas Pennsylvania.

Tapi apa artinya rambut yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa ini? "Ini memberi kita harapan karena ada sel punca, jadi merendahkan palang dalam mengembangkan pengobatan yang bisa mengaktifkan sel punca dan membuat mereka memiliki kantung rambut yang baru," jelas Dr Cotsarelis.

Bagaimana cara mengatasi kebotakan? Menurut mereka, caranya dengan membenahi sel punca yang cacat itu - dan bukan dengan sekedar memelihara rambut - mungkin suatu hari nanti pertumbuhan rambut bisa dipulihkan.

Kemungkinannya antara lain dengan menambahkan sel punca yang bisa menumbuhkan rambut ke tengkorak atau mengembangkan krim yang bisa memperbaiki sel punca yang cacat tersebut.
(TRIBUNNEWS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar