Rabu, 09 Juni 2010

Tiga Karunia Terbesar

Ada tiga karunia Allah yang jauh lebih lebih besar dari karunia-karunia lainnya. Karena karunia ini dapat memperpanjang usia kenikmatan yang diperoleh manusia. Pemberian Allah yang sementara itu dapat bernilai lebih dan berlipat ganda baik didunia maupun akhirat nanti. ketiga karunia itu adalah :

1. Hidayah Diniyah
Hidayah diniyah atau petunjuk Allah berupa agama adalah karunia terbesar dalam hidup manusia. sebab dengan hidayah ini seseorang memperoleh keimanan dan hidup untuk beribadah serta beramal sholeh sesuai dengan ketentuan Allah. Keimanan menuntun kita hidup dijalan yang lurus dan benar. Amal soleh membuat kita memperoleh arti hidup dan mendapat pahala hari akhirat yang berlipat ganda. Hidayah membuat hidup manusia bercahaya, lepas dari kegelapan yang merupakan lambang kesengsaraan dan penderitaan. Kita selalu berdo'a memohon hidayah ini,
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ
(Yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau anugrahkan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (QS. 1 Al-fatihah : 7)


2. Ukhuwwah Islamiyah

Hidayah Allah belumlah sempurna bila orang-orang yang berada dalam naungannya belum berjamaah, bekerja sama dan sama-sama bekerja membangun masyarakat Islam yang penuh berkah. Persudaraan dengan sesama muslim merupakan buah dari keimanan. Seorang muslim sejati merasakan lezatnya saling bekerja sama tolong menolong, dan saling sepenanggungan bersama muslim lainnya sebagai realisasi dari ukhuwwah Islamiyah. Persaudaraan muslim diikat dengan kesatuan aqidah, fikroh (ideologis), dan manhaj (konsep perjuangan) sehingga menumbuhkan kenikmatan berukhuwwah dan berjamaah,
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (QS. 49 Al- Hujarat: 10)

3. Dakwah ke Jalan Allah

Berjamaah dan berukhuwah dilakukan dalam rangka melaksanakan proyek besar yang merupakan warisan dari Rasulullah saw yaitu dakwah dan jihad fisabilillah. Siapapun yang ingin mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah hendaknya terikat dan terlibat dalam menyeru manusia ke jalan Allah ini. Setiap muslim, dipos manapun dia berada hendaknya mendayagunakan posisinya untuk mengajak orang mentaati Allah. Aktifitas ini bila dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh keuntungannya kembali kepada pelaku-pelakunya. Setiap muslim yang berdakwah dijalan Allah akan mampu melipatgandakan karunia yang diperolehnya dalam bentuk pahala. Rasulullah saw bersabda :
"Dan seandainya Allah memberi petunjuk kepada seseorang oleh sebab engakau maka itu (nilainya) lebih baik bagimu daripada dunia dan segala isinya)" (HR Muslim)
Dakwah mengajak manusia agar kembali kejalan Allah memang merupakan ladang pahala yang paling besar namun harus dilakukan dengan penuh keikhlasan dan sungguh-sungguh. Untuk menjaminnya Allah berfirman :
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar-benar akan kami tunjukan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik" (QS. 29. Al-Ankabuut : 69)

Sumber:http://www.dzikir.org/index.php?option=com_content&view=article&id=98:tiga-karunia-terbesar&catid=42:mutiara-hikmah&Itemid=60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar