Selasa, 15 Juni 2010

Bayi yang Lahir pada Usia 37 sampai 39 Pekan Memiliki Risiko Tinggi Autisme

Dibandingkan dengan bayi yang lahir pada usia kehamilan 40 pekan, bayi-bayi yang lahir pada usia kehamilan 37-39 minggu memiliki risiko 1,16 kali lebih besar terkena autisme dan kebutuhan pendidikan khusus. Demikian hasil kajian peneliti Skotlandia, setelah mereka menganalisis sejarah kelahiran lebih dari 400 ribu anak-anak sekolah. Penemuan ini memiliki implikasi penting bagi waktu pelaksanaan operasi sesar yang elektif. Waktu normal untuk pengiriman elektif (misalnya operasi caesar) adalah 39 minggu.

Anak-anak dengan kebutuhan khusus mungkin mengalami kesulitan belajar (seperti disleksia atau autisme yang membutuhkan bantuan pendidikan khusus) dan kesulitan fisik (seperti kurangnya penglihatan dan pendengaran yang membutuhkan bantuan pendidikan khusus).

Para peneliti, dipimpin oleh Jill Pell, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Glasgow, Glasgow, Inggris menjelaskan bahwa kita sudah tahu bahwa bayi lahir, katakanlah pada usia kehamilan 24 minggu, memiliki risiko lebih tinggi autisme di kemudian hari dibandingkan dengan mereka yang lahir 40 minggu kehamilan.
Sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/06/14/brk,20100614-255105,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar