Selasa, 15 Juni 2010

Nokia N8 Dengan 8 Fitur Baru

Nokia N8 telah dipamerkan di ajang Nokia Connections 2010 yang bertempat di Conrad Centennial Singapura. Sembari menunggu kehadirannya di Indonesia, simak 8 fitur barunya.

1. Desain Anti Gores

Body Nokia N8 kini telah berlapis bahan aluminium anti gores. Bagi pengguna yang gemar memasukan ponselnya kemana-mana, mungkin ini adalah solusi tepat. Body anti gores berpadu desain tipis sangat enak dipandang serta digenggam. Nokia N8 tersedia dalam pilihan warna: hitam, oranye, biru, dan kuning lemon.

2. Halaman Depan Jadi Tiga

N8 tak hanya memiliki homescreen lebih dari satu halaman -- seperti pada Nokia N97 mini -- namun tiga. Beberapa ikon aplikasi serta widget dengan mudah dapat dikustomisasi, caranya hanya tinggal mengeser halaman.

Salah satu interface menarik pada foto browser adalah tampilan refleksi saat foto tersebut digeser. Sekilas hampir mirip dengan user interface milik iPod nano saat memilih foto atau album.

Seperti platform Maemo, OS baru Nokia Symbian^3 juga telah menghadirkan fitur 'conversation' untuk mengganti tampilan SMS jadul. Dengan ini pengguna bakal lebih mudah untuk berinteraksi melalui sms, FB, Skype, ataupun YM.

3. Konten Aplikasi Berbasis Qt

Beberapa aplikasi berbasis Qt pun telah dipaket dalam N8. Misalkan KL Traffic live widget yang berfungsi memberi informasi secara live tak hanya pesan, namun juga video.

Itu semua dipaket dalam sebuah aplikasi. Alhasil pengguna bisa tetap lancar berkendara, tanpa was-was jika ada macet. Aplikasi macam ini sangat berguna bagi kota seperti Jakarta.

4. Lensa Optik yang 'Dimonopoli'

N8 adalah ponsel dengan sensor kamera terbaik yang pernah diproduksi Nokia. Dengan resolusi 12 megapiksel, foto-foto yang dihasilkan bakal memiliki warna lebih baik ketimbang ponsel-ponsel terdahulu Nokia. Vendor asal Finlandia ini mengklaim, lensa Carl Zeiss dalam N8 miliknya tidak bisa digunakan dalam ponsel pintar lain.

5. Suguhan Hiburan HD

Seiring berkembangnya jaman, ponsel pintar dituntut menghadirkan resolusi tinggi pada perangkatnya. Misalkan kamera di atas 10 megapiksel dan kemampuan rekam video beresolusi HD (720p).

Nampaknya hal ini cepat direspon oleh Nokia. Jadi produk ini tak kalah pamor menghadapi iPhone 4 yang telah hadir dengan video 720p.

N8 juga merupakan ponsel pintar pertama yang memiliki koneksi kabel HDMI untuk mengkoneksikannya ke HDTV. Dengan ini konten 'video HD' dalam Blu-ray bakal bisa dinikmati dalam sebuah ponsel. Asyik bukan?

6. Bisa Nonton TV

Inilah salah satu terobosan baru yang dilakukan Nokia, menghadirkan TV lewat ponsel. Namun bukan TV-TV analog seperti pada ponsel China. Namun web streaming TV on demand seperti E!, CNN dan Channel News Asia.

Selain itu Nokia juga memberi kesempatan kepada TV lokal untuk berkembang. Beberapa channel lokal Asia seperti: Atv TV3, virtual malaysia Channel News asia, dan informasi kuliner makansutra kini siap dinikmati dalam N8.

7. Jejaring Sosial Lebih Nyaman

Bukan Nokia kalau tak bisa menghadirkan fitur jejaring sosial secara lebih mudah bagi pengguna. Dengan aplikasi terintegerasi, Facebook, Twitter, Yahoo dan beberapa aplikasi lain dapat digunakan melalui satu pintu.

8. Navigasi 3D Gratis

Beberapa waktu lalu, Nokia telah menggratiskan aplikasi Ovi Map bagi beberapa device. Dengan ini navigasi turn-by-tun dapat dinikimati dalam sebuah genggaman. Tak hanya itu, pengguna juga dapat merekam voice navigation sendiri sebagai penunjuk arahnya. Fitur ini sangat cocok digunakan para backpacker untuk berwisata ke daerah-daerah baru.

Sumber:http://www.detikinet.com/read/2010/06/15/093839/1378393/317/8-fitur-anyar-nokia-n8/?i991101105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar