Rabu, 09 Juni 2010

Gedung Tertinggi di Dunia "Burj Dubai"

Uni Emirat Arab meresmikan Burj Khalifa/Menara Khalifah (sebelumnya dikenal dengan nama Burj Dubai/Menara Dubai), Bentuknya unik, seperti jarum yang menjulang tinggi, siap "mencakar" langit. Kembang api dan permainan lampu sorot memeriahkan pesta pembukaan.



Pada waktu dan tempat yang sama, warga Dubai juga melangsungkan pesta peringatan hari naik tahtanya Sheikh Mohammed Bin Rashed al-Maktoum di Emirat Dubai sejak tahun 2006.

Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter, atau 6 kali tinggi Monas di Jakarta. Ia punya 160 lantai (terbagi menjadi perkantoran dan tempat tinggal mewah). Juga, 57 buah lift, yang kecepatannya mencapai 64 kilometer/jam. Sementara, luas total bangunan mencapai 330.000 meter persegi. Pembangunannya menghabiskan dana sekitar 20 miliar dollar AS.


Menurut situs resminya, dengan angka-angka spektakuler tersebut, Burj Khalifa telah memecahkan sejumlah rekor dunia, mulai dari kategori gedung tertinggi, jumlah lantai paling banyak, lift terjauh dan tercepat, serta menara pandang tertinggi, yang menyajikan pemandangan ke seluruh Dubai dan kawasan teluk sejauh 50 mil saat hari cerah. Luar biasa!

Surat kabar setempat, Khaleej Times, dalam tajuk rencananya edisi Senin (4/1) menyatakan, Burj Dubai bukan saja gedung tertinggi di dunia, tetapi juga merupakan monumen semangat yang tidak pernah mati dan satu wasiat pada visi asal Shaikh Mohammad.


"Kini, Dubai memiliki tanggal bersejarah lainnya. Pembukaan Menara Khalifah adalah satu kehormatan dalam sektor pembangunan yang membanggakan. Bukti bahwa Dubai adalah simbol dunia masa kini," tulis mereka.

Sekadar tahu, Dubai merupakan sebuah desa nelayan di masa lalu. Sekarang, wilayah itu diakui masyarakat dunia sebagai negara yang ulung dan berani dalam melaksanakan mimpi-mimpi besar.
Sumber:http://www.martenstmik.co.cc/2010/03/gedung-tertinggi-di-dunia-burj-dubai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar