Rabu, 11 Mei 2011

Cina Haramkan TV Tayang Siaran Kriminal dan Sinetron


Pemerintah Cina melarang media penyiaran menayangkan drama tentang kejahatan, percintaan ataupun spionase dalam tiga bulan mendatang.

Dikutip dari BBC Indonesia, para pejabat menginginkan program-program televisi itu diganti dengan acara untuk mengangkat Partai Komunis Cina yang akan merayakan dirgahayu ke 90 bulan Juli mendatang.

Stasiun televisi di Shanghai, Tianjin dan propinsi Zhejiang di Cina utara telah menarik acara drama tentang spionase dan partai bawah tanah sebelum Partai Komunis Cina mengambil alih tahun 1949.

Perintah oleh badan televisi dan radio Cina itu terjadi sebelum hari libur nasional tanggal 1 Mei dan dilakukan setelah adanya laporan tentang perintah yang sama bulan lalu.

Para pejabat dilaporkan meminta stasiun televisi menayangkan acara "Oriental", drama tentang masa awal Republik Rakyat Cina.

"Oriental" adalah salah satu dari 40 drama yang direkomendasikan badan televisi dan radio Cina selama bulan Mei, Juni dan Juli.

Program televisi Cina masih padat dengan agenda patriotik dan Partai Komunis menggunakan media sebagai alat propaganda.

Para analis mengatakan pendekatan itu juga membantu menarik para pemuda Cina yang biasanya tidak mengikuti acara di televisi pemerintah dan beralih pada situs video di online.(tribunnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar