Minggu, 15 Mei 2011

Ditipu di Facebook, Uang Rp3,15 Miliar Melayang


Penipuan melalui Facebook makin lama makin parah. Terbaru, seorang wanita harus menanggung kerugian US$366 ribu (Rp3,15 miliar). Berikut kisahnya.

Wanita bekewarganegaraan Malaysia ini awalnya berkenalan dengan seorang pria melalui jejaring sosial populer beranggotakan lebih dari 600 juta orang itu. Pria yang dikenalnya melalui jejaring sosial itu mengaku berasal dari Inggris dan sedang butuh uang.

Pria itu pun mengelabui korban dengan mengaku memiliki kontrak US$1,5 juta (Rp12,9 miliar) dengan perusahaan minyak Malaysia Petronas. Setelah itu, pria itu mengaku harus membayar sejumlah uang sebelum mendapat uang tersebut.

Entah iba atau memang termakan tipuan pria tersebut, wanita Malaysia yang tak teridentifikasi namanya itu pun mau dan bersedia memberikan sejumlah uang pada pria itu. Seperti dikutip ZDnet, wanita itu memberi uang total US$ 366 ribu (Rp3,1 miliar) melalui beberapa transaksi.

“Korban membayar pria itu dalam beberapa transaksi. Ia iba mendengar cerita pria itu,”papar Datuk Wira Syed Ismail Syed Azizan dari Federal Commercial Crimes.

Akhirnya, wanita itu sadar telah menjadi korban penipuan dan segera melapor polisi.

Pihak berwajib pun akhirnya melakukan penyelidikan dan berujung pada penangkapan enam tersangka. Tersangka diidentifikasi berasal dari Nigeria, Bangladesh, dan warga Malaysia.

Berhati-hatilah di jejaring sosial Anda. [inilah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar