Rabu, 23 Februari 2011

Enzim Bikin Kanker Payudara


Para ahli di Institute of Cancer Research menemukan bahwa enzim di tubuh berperan besar menyebarkan sel tumor dalam kanker payudara. Lebih dari 90 persen kematian akibat kanker dikarenakan penyebaran penyakit tersebut ke dalam organ tubuh yang lain seperti, hati, paru-paru, dan tulang, seperti diungkapkan Dr Janine Erler, Selasa (22/2).

Para peneliti sedang mengembangkan cara memblokir aksi enzim atau yang disebut juga Oksidase Lysyl-2 (LOXL2). Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa LOXL2 berperan sangat agresif untuk meningkatkan penyebaran kanker.

Kanker payudara membunuh sebanyak 12.000 para wanita setiap tahunnya. Enzim mempromosikan penyebaran kanker payudara melalui cara mengontrol dua protein, TIMP1, dan MMP9 kedua protein tersebut berperan dalam menyebarkan tumor.

Menurut Dr Erler, "menghambat tindakan LOXL2 secara signifikan dapat mengurangi penyebaran penyakit mematikan tersebut, dan memberikan obat yang dapat menghalangi LOXL2 ini agar dapat efektif dalam mengurangi penyebaran kanker ke organ tubuh yang lainnya.|wartanews.com|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar