Kamis, 28 April 2011

BIOGRAFI TEAMLO

BIOGRAFI

Mendengar Nama TeamLo,(singkatan dari Tim Humor Solo), mungkin semua orang sudah tidak asing lagi, Grup Band yang mengambil Genre musik parodi ini sering muncul diberbagai acara musik di televisi.

Band yang beranggotakan Wawan Bakwan (vokal),Dondot Kembung(bas),Bobi Mesakh,(gitar),Avis Sukaesih,(drum), serta Ade,Kudil,dan ARGO AA Jimmy (Vokal).

Dalam Khazannah industri musik Tanah Air, Teamlo boleh dibilang Band “ Setengah Jadi”. Band yang didirikan di Solo, Jawa Tengah, ini tidak punya Hit namun berani “mengacak-ngacak” hit orang.

Meski tugasnya terkesan “sepele”, bukan berarti Team Lo tidak menawarkan kreativitas tertentu dalam sajian dipanggung.”karya” Teamlo itu, ya memplesetkan tembang-tembang pop alam balutan musik Humor.”Kami sangat bahagia.Musik dan lirik yang kami mainkan selama ini mendapat apreasi besar dari masyarakat luas. Yang membuat kami jauh lebih bahagia, semua orang bisa terhibur.” Ujar Wawan yang selama ini menjadi motor penggerak Band tersebut.

Kesuksesan teamlo yang terbentuk tahun 1997 ini, tidak lepas dari kreativitas mereka selama ini dalam mengubah lirik sekaligus memainkan irama musik dengan berbagai macam gaya. Menurut wawan, kebiasan mereka mengubah lirik sampai dengan musik penyanyi – penyanyi top, sudah dilakukan sejak tahun 1990-an. Karenanya, tak terlalu sulit buat mereka untuk memahami musik sebuah band, dengan memasukkan lirik yang pas namun bisa menggoda.

Paling kalimat –kalimat yang mengggelitik saja yang harus lebih kami luaskan lagi. Sebab, kami tidak mau menonton dengan lirik-lirik yang biasa kami mainkan. Biasanya stok musik yang sudah kami ubah, sudah ada sejak satu minggu sebelum tampil. Jadi, begitu tampil kami sudah langsung menguasai permainannya,”tutur pria yang mempunyai nama lengkap Hermawan yulianto ini.

Standar skill musik sudah dikuasai oleh para personel seperti bobi (gitar), Dondot (bass), dan avia (drum).Mereka sudah piawai memainkan nada-nada melodi hit-hit yang sedang in. Namun, mereka juga di tuntut mampu berimprovisasi dalam melodi saat vokalis berdendang. Pelesetan bukan hanya dalam konteks lirik lagu. Tak jarang melodi lagu yang sedang in pun jadi “korban” aksi acak-acak teamlo.

“Bisanya pada saat latihan, kami sudah mencoba banyak improvisasi. Tinggal digongkan di panggung. Namun, terkadang para vokalis suka berimproviasi di luar dugaan. Makanya kami inisiatif masing-masing mencoba mengiringinya. Suasana semakin seru dengan banyaknya berimproviasi. Tapi, kalau enggak bisa ngimbangin, paling kita cuekin aja, Ade, Kudil, dan Argo sampai Wawan saat bernyanyi. Yang ada penonton jadi tertawa,”tutur dondot sambil terkekeh.

Dalam perjalan kariernya di industri musik indonesia, grup band teamlo tidak meleset bak meteor. Mereka harus melalui lila-liku perjalanan. Maklum, musik parodi yang mereka mainkantak dilirik banyak produser. Aksi mereka hanya dianggap sekedar lucu-lucuan di atas panggung kampung.

Sejak dibentuk tahun 1997 lalu, TeamLo memiliki formasi Wawan (vokal), Pangsit Anjasmara (vokal), Benjovi (vokal),Bobi Messakh (gitar), Dondot Kembung (bass), dan Avis sukaesih (ibnu Sina, drum). Anak-anak muda itu berasal dari kampus Universitas Muhammadiyah Solo dan Universitas Sebelas Maret ,Solo. Nama Teamlo sendiri diambil dari singkatan Tim Humor Solo atau pelesetan dari makanan khas Solo, yakni teamlo.

Sejak terbentuknya 12 tahun silam, mereka hanya bermain dari panggung ke panggung, kampung ke kampung seperti memperingati 17 Agustus sampai dengan acara sunatan anak-anak. Tak jarang mereka hanya dibayar dengan rupiah sekadarnya. Yang bpenting , perut bisa terganjal.

Dewi fortuna itu akhirnya menghampiri. Pada tahun 2003 TeamLo menjadi band yang mengisi acara Akademi Pelawak TPI (API). Nama TeamLo pun semakin dikenal.”Wajah kami semakin diakrabi orng-orang. Sampai ada yang gemas mau nyubitin.” Kisah wawan sambil tertawa lepas.

Hingga akhirnya, di tahun 2006 mereka menelurkan album rekaman pertamana mererka cari perhatian yang berisi lagu-lagu banyolan karya sendiri. Sayangnya, album tersebut kurang sukses dipasaran. Dan hingga akhirnya tanpa sebab diketahui, Pangsit dan Benjovi dua vokalisnya yang selama ini menjadi ikon TeamLo mendadak mengundurkan diri, Sejak saat itulah TeamLo memutukan untuk vakum sejenak.

Dengan berjalannya waktu, Wawan,Boby Dondot dan Avis akhirnya menemukan Ade,Kudil dan AA Jimmy untuk mengisi kekosongan vokal, merekapun berlatar belakang komedi....

Ayo TeamLo kami tunggu karya-karyamu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar